Aplikasi Antarmuka M/K

Perbedaan dari alat-alat M/K dapat dipisahkan dengan mengelompokkan alat-alat yang serupa ke beberapa kelas generik. Untuk setiap kelas generik terdapat beberapa fungsi yang diberikan melalui antar muka standar yang diberikan. Perbedaan detil untuk setiap alat akan dienkapsulasi pada modul kernel yang disebut device driver. Driver ini dibuat oleh pembuat perangkat untuk memenuhi kebutuhan setiap peralatan dengan menggunakan salah satu antarmuka standar. Penggunaan layer untuk driver peralatan ini menyembunyikan perbedaan setiap pengendali peralatan dari subsistem M/K pada kernel, sama seperti bagaimana system call M/K menyembunyikan perbedaan perangkat keras dari aplikasi melalui abstraksi yang berisi kelas-kelas peralatan generik.

Peralatan dapat berupa:

  1. Character stream

    atau block Sebuah peralatan character stream (contoh: terminal) untuk mentransfer byte satu persatu sedangkan block device akan mentransfer sekumpulan byte sebagai unit contohnya adalah disk.
  2. Sequensial atau random-access

    Sebuah perangkat yang sekuensial memindahkan data yang sudah pasti seperti yang ditentukan oleh perangkat, contohnya modem, sedangkan pengguna akses random dapat meminta perangkat untuk mencari keseluruh lokasi penyimpanan data yang tersedia, contohnya CD-ROM.
  3. Synchronous atau asyinchronous

    Perangkat synchronous menampilkan data-data transfer dengan reaksi yang dapat diduga, contohnya tape, sedangkan perangkat asyinchronous menampilkan waktu reaksi yang tidak dapat diduga, contohnya keyboard.
  4. Sharable atau dedicated

    Perangkat yang dapat dibagi digunakan secara bersamaan oleh beberapa prosesor atau sharable, contohnya keyboard, sedangkan perangkat yang dedicated tidak dapat digunakan secara bersamaan oleh beberapa prosesor, contohnya tape.
  5. Speed of operation

    Rentangan kecepatan perangkat dari beberapa bytes per detik sampai beberapa gigabytes per detik.
  6. Read-write,read only, write only

    Beberapa perangkat memungkinkan baik input-output dua arah, contohnya CD-ROM, tapi beberapa lainnya hanya menunjang data satu arah saja, contohnya disk.